Temu Awal Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Semester I dan Penyelesaian Tindak Lanjut Audit PNBP Itjen Kemendikbud

Untuk menghasilkan Laporan Keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan dalam rangka meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian, SPI LPMP Sulawesi Tengah kembali melaksanakan salah satu progam kerjanya yaitu Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Semester 1 dan Pendampingan Penyelesaian Tindak Lanjut Temuan Audit PNBP Itjen Kemendikbud.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui video conference (vicon) dan diikuti oleh Tim Satgas SPIP, Plt. Kasubbag TU, Pejabat Pembuat Komitmen, Pengelola SAI, Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran,  Operator SAIBA/SIMAK/Persediaan, Verifikator Keuangan, Pengelola Kerumahtanggaan serta seluruh anggota Tim SPI.

Dalam pengarahan singkatnya, Kepala LPMP Sulawesi Tengah menanggapi perihal tindak lanjut temuan Audit PNBP oleh Itjen Kemendikbud. Menurut beliau, target PNBP seharusnya dihitung berdasarkan basis data yang tepat. Kita tidak boleh asal-asalan dalam mengisi target PNBP, sehingga antara target dan realisasi nantinya tidak terdapat perbedaan yang terlalu jauh seperti yang telah menjadi temuan audit. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Tim SPI yang akan melakukan pendampingan dan memberikan bantuan kepada pihak-pihak terkait dalam menyelesaikan rekomendasi atas temuan tersebut. Ketua SPI menanggapi bahwa kita wajib menindaklanjuti temuan tersebut apalagi LPMP Sulawesi Tengah bertekad membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) dimana salah satu indikator penilaian dari ZI WBK adalah hasil tindak lanjut dari temuan audit.

Pada sesi akhir vicon disepakati bahwa kegiatan pendampingan lanjutan akan dilaksananakan secara tatap muka di ruang Sekretariat SPI pada Senin, 27 Juli 2020  dan diharapkan semua pihak terkait untuk hadir dengan membawa semua bahan dan data pendukung terutama data terkait penyusunan Laporan Keuangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *